BERITA UTAMADonggalaLINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUS

Disnakkeswan Kabupaten Donggala,akan mengajukan tenaga dokter hewan di wilayahnya

DONGGALA– Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah akan mengajukan tenaga dokter hewan di wilayahnya.

Kepala Disnakkeswan Donggala, Hari Soetjahyo mengatakan, usulan dokter hewan itu akan diajukan pada tahun anggaran 2024.

“Tiga atau empat dokter hewan. Langkah ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tenaga medis kesehatan hewan di Donggala,” ujarnya, Selasa (5/12/2023).

Tenaga dokter hewan itu akan dibagi per wilayah. Di Pantai Barat mulai dari Balesang hingga Sojol Utara akan ditempatkan satu dokter.

Di wilayah Sindue hingga Sirenja, akan ada satu dokter, sedangkan di Banawa Selatan hingga Rio Pakava juga akan ditempatkan satu dokter. Wilayah Banawa hingga Banawa Tengah juga akan memiliki seorang dokter.

Selain itu katanya, pembangunan klinik hewan di Banawa telah menjadi langkah awal untuk mendukung program ini.

Dengan adanya tenaga dokter hewan, klinik tersebut diharapkan dapat memberikan layanan kesehatan hewan di berbagai wilayah, termasuk kota Pandawa.

“Program ini juga diarahkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas program peternakan, fokus pada ternak sapi, babi, domba, dan unggas,” kata dia.

Pentingnya keberadaan tenaga dokter hewan lokal di Kabupaten Donggala juga akan mempermudah pelaporan ke pusat dan mengurangi ketergantungan pada bantuan dokter hewan dari provinsi.

Hari berharap langkah ini dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan mandiri untuk kesejahteraan hewan di Kabupaten Donggala. ID

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close