BERITA UTAMALINTAS SULTENGSigi

Baznas Pohuwato dan Sigi Jalin Silaturami dan Shering Program

BIDIKSULTENG.COM,SIGI – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sigi As’ad Syukur, menerima rombongan pengurus BAZNAS Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo, di kantor BAZNAS Sigi Desa Mpanau Kecamatan Sigi Bironaru Rabu (09/03).

Rombongan BAZNAS Kabupaten Pohuwato tersebut, di pimpin langsung ketua BAZNAS Pohuwato yang di dampingi unsur pimpinan BAZNAS dan Amil BAZNAS Kabupaten Pohuwato.

“Kami ucapkan selamat datang pengurus Baznas Kabupaten Pohuwato di Kabupaten Sigi, khususnya di Baznas Sigi yang tentunya pertemuan ini memiliki manfaat yang besar bagi kedua daerah untuk kemasalahatan ummat”kata As’ad Syukur.

Sejak dibentuk tahun 2017 Baznas Sigi sammpai saat ini lanjut As’as, pihaknya terus berupaya untuk melakukan penguatan terkait Zakat Infak dan Sedekah (ZIS), dan Alhamdulillah kepedulian Pemda Sigi untuk mendorong hal itu, maka dikeluarkanlah Surat Edaran (SE) agar seluruh ASN di jajaran Pemda Sigi yang Islam dan telah cukup nisabnya untuk membayar zakat melalui penghasilan gajinya harus dilakukan pemotongan 2,5 persen.

“Walau di akui masih ada beberapa ASN melalui OPD nya belum melaksanakan itu”ujarnya.

Sementara Wakil ketua III bidang perencanaan keuangan dan pelaporan H.Lahamudin Laparaga mengatakan, BAZNAS Pohuwato laporan ZIS tahun 2021 lalu mencapai Rp.2 Miliar lebih dan sebahgian besar di perolah dari pemotongan gaji ASN. Tentunya hal ini lanjutnya, dorongan Pemda Pohuwato melalui Bupati Pohuwato serta komunikasi yang dibangun bersama ketua DPRD setempat.

“Bupati kita sangat respon bila zakat ini kita sampaikan, bahkan beliu kasi penekanan bila ada pejabat atau ASN yang gajinya wajib zakat lantas tidak dilaksanakan, itu langsung di tegurnya saat rapat efaluasi kerja, sebab setiap rapat efaluasi Baznas di undang dalam pertemuan itu”terang Lahmudin.

Dukungan yang kuat dari Bupati ini, Baznas melakukan program bersama dengan Pemda yang bisa langsung dirasakan masyarakat. “Baznas Pohuwato dapat dana hibah tiap tahunnya Ro.350 juta untuk oprasional, belum lagi program  mendekati bulan Ramadhan Rp.450 juta”ujarnya.

Lahmudin menambahkan, penguatan ASN untuk dalam pemotongan Zakat, karena lahirnya regulasi yakni, Perda Inisiatif pemotongan zakat yang dibentuk oleh DPRD Pohuwato. Baznas Pohuwato dan Baznas Sigi memiliki tujuan yang sama dan dirinya menilai, Potensi yang besar di miliki Kabupaten Sigi dapat memberikan dampak bagi Baznas Kabupaten Sigi untuk peningkatan ZIS.

“untuk itu kami ucapkan terimakasih pada Baznas Sigi yang sudah menerima rombongan kami dengan penuh kekeluargaan, dan semoga pertemuan ini terus berlanjut” ucapnya.

Rombongan Baznas Pohuwati di pimpin H.Ayat Hunowu ketua Baznas, Drs. H. Lahmudin Laparaga, MH (Wakil Ketua III Bid Perencanaan keuangan dan pelaporan) H.Amrun Madjidji( Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian
Arman T.Mahabu ( Wakil ketua I Bidang Pengumpulan), Bambang Hamid (wakil ketua IV Bidang admintrasi umum dan SDM). Sementara Baznas Sigi Hadi Wijaya wakil ketua bidang pengumpulan, ilham wakil ketua bidang Pendistribusian dan SDM serta Aifha Djaelangkara ketua bidang  Perencanaan keuangan dan pelaporan, yang dilanjutkan penyerahan cendaramata dari masing masing Baznas. TIM

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close