Banggai KepulauanBERITA UTAMALINTAS SULTENG

Peresmian Puskesmas dan Pasar Rakyat di Banggai Kepulauan

BIDIKSULTENG.COM, BANGKEP- Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M. Si meresmikan 4 gedung baru Puskesmas Rawat Inap dan 5 Pasar Rakyat yang dipusatkan di Desa Kanali Kec. Totikum Selatan Kab. Banggai Kepulauan pada Selasa (15/9).

Yang diresmikan antara lain, Pasar Rakyat Lumbi-Lumbia Kec. Buko Selatan, PR Bonepuso Kec. Bulagi Selatan, PR Mansamat B Kec. Tinangkung Selatan, PR Luksagu Kec. Tinangkung Utara, PR Bulagi Kec. Bulagi, UPT Puskesmas Perawatan Lumbi-Lumbia Kec. Buko Selatan, UPT Puskesmas Perawatan Totikum Selatan Kec. Totikum Selatan, UPT Puskesmas Perawatan Lolantang Kec. Bulagi Selatan, UPT Puskesmas Bonepuso Kec. Bulagi Selatan.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulawesi Tengah mengapresiasi atas selesainya pembangunan puskesmas dan pasar rakyat yang pembiayaannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus Kementerian Kesehatan Tahun 2019 untuk pembangunan puskesmas dan pembangunan pasar rakyat yang berasal dari dana tugas pembantuan serta DAK Kementerian Koperasi.

Ia berharap puskesmas yang baru dapat lebih memotivasi seluruh insan kesehatan untuk dapat melahirkan inovasi-inovasi guna menyelesaikan masalah kesehatan di Bumi Trikora khususnya menekan angka prevalensi stunting termasuk memutus mata rantai COVID-19.

Lanjut Ia berharap semoga keberadaan pasar rakyat yang baru dapat berfungsi sebagai salah satu akselektor penggerak kemajuan perekonomian daerah dan masyarakat.

Lebih jauh Ia mengajak seluruh masyarakat Banggai Kepulauan untuk menjaga dan memelihara fasilitas kesehatan dan fasilitas ekonomi agar sarana yang telah dibangun dapat berfungsi secara optimal.

“saya pesan supaya setiap pelaku ekonomi dan pengunjung pasar tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” sebutnya.

“Fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Banggai Kepulauan saat ini terdiri dari 1 RSUD Trikora Salakan dengan status Rumah Sakit Tipe C, 1 Rumah Sakit Umum Pratama yaitu RSUP Bilabanggai Lumbi-Lumbia dengan status Rumah Sakit Tipe D dan 13 Puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan terdiri 7 puskesmas rawat inap dan 6 puskesmas non rakyat dan semua puskesmas sudah terakreditasi, “ujar Bupati Banggai Kepulauan H. Rais D.Adam.

Turut mendampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Sulteng, Plh. Kadis Kesehatan Prov. Sulteng, Karo Humas Protokol, Forkopimda Kab. Banggai Kepulauan.*

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close