BERITA UTAMALINTAS SULTENGSigi

Bupati Sigi jalin Silaturahmi Antara Pemerintah Kabupaten Sigi dan Untad.

BIDIKSULTENG.COM, SIGI– Bupati Sigi, Mohamad Irwan, melaksanakan Audiensi bersama Lembaga Penelitan dan Pengabdian Masyarakat Universitas Tadulako di Ruang Rapat Bupati Sigi Kecamatan Dolo. Selasa, (4/8/20).

Tujuan kegiatan ini selain untuk menjalin silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten Sigi dan Universitas Tadulako, namun juga bertujuan untuk membangun kerjasama dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Ketua LPPM Universitas Tadulako, Dr. Muh Rusydi H, M.Si, menjelaskan bahwa Salah satu tugas utama penelitian dan pengabdian ini adalah kuliah kerja nyata (KKN), beliau mengharapkan Universitas Tadulako menjadi Institution of adaptive and inovation, institusi pendidikan yang selalu beradaptasi dan memiliki inovasi serta bekerjasama dengan mitra yang memiliki kecepatan dan konsistensi.

Beberapa kerjasama yang telah dilakukan oleh Universitas Tadulako, yaitu kerjasama antara Universitas Tadulako dan BNPB, Kemendes dan BPOM. Universitas Tadulako melalui KKN mahasiswanya akan membantu mengatasi problem atas program yang dijalankan oleh Pemerintah Daerah di Masyarakat. Selain itu program baru yang akan dijalankan adalah program Kampus merdeka/merdeka dalam belajar, dimana waktu KKN dilapangan akan cukup panjang selama 6 s.d 12 bulan yang akan memberikan kontribusi yang cukup banyak kepada daerah.

Beliau berharap Universitas Tadulako nantinya dapat dikenal di masyarakat yang memiliki ciri ilmu perguruan tingginya, memiliki dampak yang nyata terhadap masyarakat serta berkelanjutan.

Bupati Sigi dalam arahannya menyampaikan ucapan terimakasih atas terlaksananya kegiatan ini. Beliau menyampaikan bahwa segala sesuatu kini sudah menjadi suatu keharusan untuk mengikuti perkembangan zaman, termasuk halnya penelitian dan pengabdian yang selalu dituntut untuk melakukan suatu inovasi yang sangat tak terhindarkan oleh sentuhan IT dalam implementasinya.

Beliau menjelaskan bahwa Kabupaten Sigi merupakan kawasan konservasi dan hutan lindung, dengan visi Kabupaten Sigi yang maju mandiri berbasis kerakyatan. Maka dengan itu, beliau ingin memanfaatkan kelebihan sekaligus kekurangan Kabupaten Sigi yang tidak memiliki sumber daya alam seperti daerah yang lain. Beliau berharap Sigi dapat menjadi daerah yang mampu memanfaatkan potensi daerahnya sepertiPotensi pertanian, peternakan, perkebunan bahkan pariwisatanya.

Namun juga dibutuhkan penguatan, baik itu penguatan program maupun penguatan kepedulian mayarakatnya. Beliau berharap kedepannya Sigi dapat memiliki nilai jual terhadap produk-produknya melalui brand yang dikenal dan memiliki nilai lebih oleh daerah lain. Melalui forum ini, beliau berharap kerjasama dapat segera dilaksanakan untuk pengembangan potensi daerah yang dimiliki Kabupaten Sigi melalui penelitian dan pengabdian yang inovatif.

Turut hadir Kepala BP3D Kabupaten Sigi, Ketua dan Sekretaris LPPM Universitas Tadulako beserta jajarannya.***

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close