BERITA UTAMALINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUSNASIONALPalu

Dirjen PUPR Bersama Gubernur Sulteng Dan walikota Palu Lakukan “GroundBreaking*di Huntap Tondo 2 dan Pemukiman

Bidiksulteng.com, palu – Gubernur Sulawesi Tengah H.Rusdy Mastura , Bersama Dirjen Perumahan Kementrian PUPR Ir. Iwan Suprijanto, ST,MT, Walikota Palu Hadianto Rasyid, SE, Kasatgas Penanggulangan Bencana Sulawesi Tengah Arie Sutiadi Moerwanto*, Wakil Ketua DPRD Provinsi Arus Abd Karim , Kamis , 5 Januari 2023.
Melakukan *GroundBreaking* Pembangunan Huntab Tondo 2 dan Kawasan Pemukiman.
Ketua Satgas Pelaksana Penanggulangan Bencana Pasca Gempa Bumi dan Tsunami Sulawesi Tengah Arie Setiadi M,
Dalam sambutannya menyampaikan untuk menindaklanjuti Instrusksi Presiden Nomor 10 Tahun 2018 dan Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2022 , dimana Inpres tersebut memberikan amanat kepada PUPR untuk membangun kembali Infrastruktur Dasar termasuk perumahan dan permukiman Pasca bencana Sulawesi Tengah Tahun 2018 , dan upaya tersebut diwujudkan melalui penyediaan infrastruktur permukiman yang handal yang mengedepankan aspek mitigasi Bencana. adaptip terhadap perubahan iklim , inklusif serta berkelanjutan .
Arie Sutiadi juga menyampaikan terkait pelaksanaan kegiatan Rehabilitasi dan Rekontruksi Pascabencana Sulawesi Tengah yang dilaksanakan oleh kementrian PUPR sebagai berikut :
1. Bidang Perumahan dan Pemukiman.
Pembangunan Hunian Tetap (Huntap), Pembangunan sudah dilakukan sebanyak 5.732 Unit berada di Kota Palu , Sigi dan Donggala dan yang telah selesai dibangun oleh PUPR sebanyak 1.679 Unit dan Tahun 2023 akan dibangun sebanyak 4. 053 Unit., diluar Pemabungunan yang dilakukan langsung Lembaga Donor , Seperti Buddha Tzu chi dan lainnya.
2. Rehabilitas dan Rekontruksi Fasilitas Pendidikan dan Kesehatan .
Telah dilakdanakan Rehabilitasi 57 Sekolah dan untuk tahun 2023 akan dbangun 18 Sekolah , Rehabilitasi dan rekontruksi Universitas Tadulako yang telah selesai dilaksanan 152 Gedung dan dilanjutkan 39 Gedung Tahun 2023 dan rehabilitasi Rumah Sakit sebanyak 25 Gedung Rumah Sakit  dan Pembangunan AMC RS Anutapura dengan struktur tahan Gempa.
3. Rehabilitasi dan Rekontruksi Bangunan dan Gedung Pemerintah .
Telah dilakukan rehabilitasi dan rekontruksi Gedung Perwakilan BPKP Sulawesi Tengah , Kantor BPPW , dan Gedung Kantor Kejaksaan Tinggi.
4. Pembangunan SPAM Pasigala.
Saat ini sedang dilaksanakan pembangunan Sistim Penyediaan Air Minum ( SPAM ) Skala Regional di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala untuk penyediaan Air  baku dan jaringan transmisi yang diperkirakan selesai pada Tahun 2023.
B. Bidang Sumber Daya Air .
Telah dilakukan pembangunan Rehabilitasi Bendung dan Saluran Irigasi Daerah , Irigasi Gumbasa tahap I yang mampu mengairi areal pertanian 1.070 ha dan Tahap II untuk mengairi 7.110 ha dan ditargetkan selesai Maret 2023.
Dan juga selesai dilaksanakan juga perbaikan Sungai dan Pembangunan Bangunan Pengendali Sedimen di Sungai Poi , Salua , Paneki, dan Sungai Bangga dan Tanggul Laut Silebeta Tahun 2022 Lalu.
C. Bidang Bina Marga.
Telah selesai dilaksanakan Penggantian dan rehabilitasi Jembatan di Provinsi Sulawesi Tengah , Pembangunan Huntap Tondo – Talise, serta rehabilitasi dan Rekontruksi Ruas Jalan Tompe – dalam Kota Palu – Surumana , Jalan Palupi – Simoro , Kalukubula – Kalawara , Biromaru – Palolo dengan panjang 97 ,4 KM dan sedang dibangun jalan lingkar dalam kota Palu sepanjang 42, 3 KM dan Rekontruksi Jalan Kalawara – Kulawi sepanjang 18,5 KM dan Jalan Jalan Kawasan Huntab.
Arie Sutiadi juga menyampaikan Pembangunan Insfrastruktur Permukiman Kawasan Huntab Tondo 2 didukung dengan pendanaan Bank Dunia melalui Central Sulawesi Rehabilitation and Recontruction Project (CSRRP).
Selanjutnya Dirjen Perumahan Kementrian PUPR Ir. Iwan Suprijanto , ST, MT, pada kesempatan itu menyampaikan bahwa Groundbriking bukan saja menandainya dimulai pekerjaan tetapi menghadirkan Spirit dan Komitmen Bersama untuk menyelesaikan Pekerjaan.
Kegiatan ini sesuai amanat Inpres Nomor 8 Tahun 2022, yang menegaskan kepada Kementrian /Lembaga bahwa Pemulihan Bencana Sulawesi Tengah sudah harus rampung pada Tahun 2024 , dan sesuai arahan Presiden RI , Wapres , Menteri PUPR seluruh pembangunan Hunian sudah harus rampung Tahun 2023 dan Tahun 2024 sudah fokus pada tahap Penghunian dan Penyerahan Aset.
Dirjen Perumahan Meminta Seluruh Pekerjaan Pembangunan Sudah harus selesai akhir Tahun 2023 , dan Kegiatan ini Bukan Sekedar Proyek tetapi Kegiatan ini adalah Kegiatan Operasi Kemanusiaan yang harus dikerjakan dengan hati,  sehingga seluruh jajaran harus memastikan Proyek Pembangunan Huntab Paket 2 B , 2 C dan 2 D , harus selesai Desember 2022 dan tepat sasaran , Tepat Mutu , tepat manfaat , tepat administrasi.
Dan untuk memastikan hal tersebut Dirjen PUPR sudah membentuk Tim Mutu sehingga kwalitas Hunian yang dibangun sesuai dengan Rencana.
Selanjutnya Walikota Palu  H. Hadianto , SE. Menyampaikan ucapan terimakasih kepada Masyarakat Tondo , Tokoh Masyarakat Tondo yang telah bersedia dan dapat menyepakati Pembangunan Huntab Tondo 2 dan Talise , Selanjutnya walikota menyampaikan keterlambatan pembangunan Huntab Untuk saudara saudara kita terlambat dilakukan karena ketersediaan lahan yang belum siap.
Walikota menyampaikan atas nama masyarakat dan Pemerintah Kota Palu mengucapkan terimakasih kepada Masyarakat Tondo, Presiden RI Ir. Joko Widodo, Bapak Wapres , Dan Menteri PUPR, ATR/BPN yang terus berupaya memberikan dukungan untuk realisasi Pembangunan Hunian Tetap kepada Masyarakat Terdampak Bencana.
Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura , Menyampaikan Rasa Syukur kepada Allah SWT bahwa Doa Saya harapan saya saat ini terkabulkan melalui Pembangunan Hunian Tondo 2 .
Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan terimakasih kepada Masyarakat Tondo , Walikota Palu , yang sudah terus berusaha sehingga pembangunan Huntab 2 dapat dimulai hari ini.
Gubernur Sulawesi Tengah Juga menyampaikan setelah dilantik menjadi Gubernur langsung mengambil kebijakan untuk mempercepat Penanganan Bencana dengan Mengalokasikan Anggaran sebesar 65 M untuk pembebasan Tanah untuk Pembangunan Huntab dan Jembatan 4 Palu , baik di Sigi dan Donggala.
Gubernur Juga menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada Presiden RI yang telah bersedia Memperpanjang INPRES, melalui Inpres No. 8 Tahun 2022 tentang Penuntasan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Gempa Bumi, Tsunami, dan Likuefaksi di Provinsi Sulawesi Tengah.
Harapan saya kepada Presiden RI dapat dikabulkan hal ini semata mata untuk kebutuhan masyarakat Terdampak bencana baik di Sigi, Donggala dan Kota Palu.
Gubernur sampaikan , motivasi saya menjadi Gubernur hanya ingin mempercepat pembangunan di Sulawesi Tengah .
Pembangunan Sulawesi Tengah harus dilakukan melalui Peningkatan Kwalitas SDM kata Gubernur, ” Saya bersyukur bahwa peningkatan pembangunan Sulawesi Tengah dalam kepemimpinan Saya Sebagai Gubernur , Seperti Peningkatan Fiskal Daerah melalui Penpatan Asli Daerah dari sebelumnya 900 M menjadi 1,71 T.
Pengurangan Angka Kemiskinan 1 % dan Angka Pengangguran 1 % , Selanjutnya IPM Sulawesi Tengah Naik menjadi 70.28 . Selanjutnya SAKIP Sulawesi Tengah dari Nilai B menjadi BB.
Selanjutnya Gubernur menyampaikan Bahwa Investasi Sulawesi Tengah Terbesar ke 2 Di Indonesia setelah Jawa Barat sebesar 71 T dan sesuai data akhir Tahun bisa mencapai 200 T.
Keberhasilan yang kita capai ini berdasarkan Data Dan Fakta.
Diakhir Sambutannya Gubernur Sekali lagi Menyampaikan Ucapan Terimakasih Kepada Presiden RI , Wapres RI dan Menteri PUPR dan Jajarannya , Kepala Balai – Balai PUPR dan Jajarannya yang terus menolong Sehingga Penuntasan Rehab dan Rekontruksi Dampak Bencana Sulawesi Tengah dapat terwujud.( Id )

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close