BERITA UTAMALINTAS SULTENGSigi

F-BKS Menerima dan Menyetujui Tentang Pidato Penjelasan Bupati Sigi

BIDIKSULTENG.COM, SIGI – Pandangan umum fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten sigi atas pidato penjelasan bupati sigi dan nota keuangan rancangan peraturan daerah kabupaten sigi tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) perubahan tahun 2020

Dalam pidatonya hikmah ladjidji selaku juru bicara f bks mengatakan  fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) menghargai serta berterima kasih atas segala usaha dan upaya pemerintah daerah khususnya bupati dan wakilnya sebagai nahkoda untuk membawa kabupaten sigi menjadi lebih sejahtera. sependapat dengan nukilan pepatah dalam pidato bapak bupati yang berbunyi “tak ada gading yang tak retak”, untuk itu fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) dapat memahami segala bentuk kekhilafan dan kekurangan.

Pada laporan pandangan umum fraksi kali ini dalam menanggapi pidato bupati yang merupakan pidato terakhir beliau, fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) ingin memaksimalkan kesempatan mulia ini untuk mengklarifikasi beberapa hal, yang tujuan dan niat kami tidak lain demi muwujudkan harapan bapak bupati dan tentunya kita semua yaitu: pengelolaan anggaran secara lebih tepat sasaran, transparan dan akuntabel.

tentunya dalam  tujuan diatas maka izinkan kami fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) memberikan pandangan sebagai berikut :

  1. Dinas pendidikan
  2. Kegiatan olimpiade olahraga siswa nasional (O2SN) sd/smp tingkat kabupaten sebesar Rp232.364.000,00
  3. Kegiatan olimpiade sains nasional (osn) sd/smp tingkat kabupaten sebesar Rp232.364.000,00
  4. Pelaksanaan ujian nasional (UN) sebesar Rp45.004.500,00

Fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) menilai ketiga kegiatan tersebut di masa pandemic covid-19 menjadi tidak relevan, karena itu perlu penyesuaian kebutuhan yang lebih mendesak, maka fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) mengusulkan anggaran tersebut dialihkan kepada pemberian bantuan biaya kuliah mahasiswa sigi yang terancam tidak mampu membayar biaya kuliah akibat dampak covid-19

  1. Kegiatan belanja modal pada pengembangan database & pelestarian cagar budaya yang dilindungi senilai Rp.300.000.000,00.

Fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) mempertanyakan usulan anggaran ini, pembangunan apa yang dilakukan? dimana? dan asas manfaatnya apakah telah mempertimbangkan kebutuhan tersebut penting dan mendesak di tengah masa pandemic covid-19 ini?. selain itu fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) mempertanyakan apakah kegiatan tersebut masuk dalam musrembang yang diusulkan masyarakat dan atau hasil reses anggota dprd?.

  1. kegiatan pendidikan gratis dan beasiswa bagi siswa miskin yang berprestasi kejenjang perguruan tinggi pada jurusan umum sebesar Rp.2.171.401.250,00.

Fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) mempertanyakan belanja barang dan jasa senilai tersebut dialokasikan untuk barang dan jasa apa saja? kemudian berapa jumlah penerima dan nilai beasiswa tersebut sesuai tingkatan sekolah (SD,SMP dan SMA)?

  1. Dinas kesehatan
  2. Kegiatan jaminan persalinan (jampersal) senilai Rp.2.784.899.000,00.

Dengan anggaran tersebut apakah honor atau insentif teralokasi untuk bidan yang ada dipolindes? sehingga tidak terjadi oknum bidan yang masih meminta biaya persalinan kepada masyarakat, sebab kondisi ini terjadi dan kami dapatkan dari pengaduan maayarakat.

  1. Kemitraan pengobatan bagi masyarakat dengan bpjs kesehatan, sebelum perubahan senilai Rp.11.000.000.000,00 dan usulan dalam apbd perubahan ini diusulkan pengurangan sebesar Rp.4 786.291.027,00.

Fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) menanyakan dampak dari pengurangan ini berapa jiwa masyarakat yang tidak tertanggung bpjs-nya? yang mana kita ketahui kewajiban pemerintah memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat melalui bpjs sesuai uu no 24 tahun 2011 tentang jaminan kesehatan nasional

  1. Penyediaan beasiswa bagi keluarga kurang mampu ke jenjang pendidikan tinggi jurusan kesehatan senilai Rp.1.595.136.000,00.

Fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) meminta penjelasan anggaran ini di berikan kepada berapa orang siswa? dengan jumlah nilai berapa? dan perguruan tinggi mana saja? kemudian kami mempertanyakan kewenangan dinkes dalam pemberian beasiawa tersebut?

  1. Peningkatan pelayanan badan layanan umum daerah (blud) belanja modal sebesar Rp.961.899.971,00.

Fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) meminta penjelasan apakah anggaran tersebut telah mengalokasikan perbaikan kerusakan yang terjadi di area rumah sakit akibat banjir?

  1. Kita ketahui bersama di tahun 2020 ini, dunia dilanda penyebaran virus corona, dimana hal teresbut merubah kebijakan anggaran belanja tahun 2020 yaitu dengan melakukan recofusing anggaran tahun 2020 untuk dialokasikan dalam penanganan pandemi corona virus disease (covid-19) sesuai dengan arahan pemerintah pusat. kami menanyakan sampai saat ini sejauh mana realisasi pemanfaatan anggaran tersebut, mohon penjelasan!
  2. Dinas pupr
  3. Rehabilitasi jaringan irigasi pada belanja modal sebesar Rp.3.865.864.763,12.

Fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) mengusulkan rehabilitasi jaringan irigasi desa loa dan tompi bugis kecamatan kulawi selatan serta desa balongga kec. dolo selatan yang jaringan irigasinya tertutup pasca banjir.

  1. Kegiatan pengembangan distribusi air minum, belanja modal senilai Rp.1.952.635.837,00.

Fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) mengusulkan penyediaan air bersih di daerah daerah pasca bencana gempa dan banjir yaitu desa bangga kec. dolo selatan, desa soulove kec. dolo, desa oloboju dan desa watunonju kec. sigi biromaru.

  1. dinas kesatuan bangsa dan politik
  2. kegiatan peningkatan koordinasi dengan aparat keamanan dalam teknis pencegahan kejahatan (kominda) senilai Rp.75.000.000.00.

fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) mengusulkan penambahan anggaran yang diambil dari kegiatan bimtek implementasi peraturan perundang-undang senilai Rp.190.406.000,00, kami menilai kegiatan bimtek di masa pademic covid-19 perlu dipertimbangkan relevansinya sejalan dengan refocusing dan realokasi anggaran. kegiatan kominda perlu di apresiasi dan dukungan pemerintah daerah yang menjadi mitra aparat keamanan dalam pencegahan kejahatan.

  1. dinas satpol pp dan pemadaman kebakaran. fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) mengusulkan jaminan kesehatan (bpjs) bagi satpol pp non pns. sebagaimana kita ketahui satpol pp adalah garda terdepan hadir dalam penanganan bencana alam.
  2. dinas sosial kegiatan pelayanan sosial penanganan masalah-masalah strategis yang menyangkut tanggap tepat darurat dan kejadian luar biasa senilai Rp.7.152.040.000,00. fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) mengusulkan mangakomodir belanja pegawai untuk honor/insentif tksk kab. sigi sebanyak 15 orang x 12 bulan × Rp.500.000,00 senilai Rp.90.000.000,00. tenaga tksk adalah pendamping yang sangat berperan dalam pendataan dtks menjadi lebih akurat dan tervalidasi.
  3. badan penanggulangan bencana daerah penanganan dana stimulan untuk rehab rekon pasca bencana yang sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum menerima hak nya. fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) meminta penjelasan:
  4. data penerima rusak berat sebanyak: 5.428, rusak sedang sebanyak: 5.683 dan rusak ringan sebanyak: 13.108. dengan total 24.219 dengan nilai anggaran rp.544.550.000.000,00. data tersebut adalah data yang disampaikan pemerintah daerah ke bnpb. selanjutnya tp4 melakukan verifikasi dan validasi data rumah rusak berat menjadi: 4.199, rusak  sedang menjadi: 4.861 dan rusak ringan menjadi: 11.521 sehingga total rumah rusak: 20.581 dengan nilai anggaran Rp.447.685.000.000,00. berdasarkan hal tersebut terdapat selisih anggaran Rp.97.865.000.000,00, olehnya fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) mempertanyakan selisih anggaran tersebut telah di tetapkan calon penerima by name by adrees.
  5. bagaimana progres pembayaran dana stimulan sampai dengan bulan september 2020 berapa total yang sudah di bayarkan dan apa kendala sampai saat ini masyarakat komplen belum terbayarkan, mohon penjelasannya!
  6. mengapa masyarakat yang mengalami rusak berat contohnya di desa bobo dusun 3 kec. dolo barat yang senyatanya rusak berat sampai saat ini mereka masih tinggal di huntara, tidak masuk dalam pendataan hasil verifikasi dan validasi tp4. permasalahan ini juga terjadi di beberapa desa dan kecamatan lainnya, mohon penjelasannya.
  7. pembangunan hunian tetap di desa bangga, desa salua, desa pompewe bagaimana penyelesaiannya. lokasi tersebut lahannya sudah dibebaskan tapi kenapa sampai sekarang belum diselesaikan pembangunannnya, mohon penjelasannya!
  8. terkait dengan realisasi anggaran dana rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana 28 september 2018, terutama untuk pembayaran dana stimulan bagi korban gempa. mohon penjelasan bagaimana realisasi pembayarannya?.
  9. dinas ketenagakerjaa & transmigrasi. kegiatan sosialisai berbagai peraturan pelaksanaan tentang ketenagakerjaan senilai Rp.42.000.000.

Fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) mempertanyakan relevansi kegiatan tersebut di masa pandemic covid19 ini. kami mengusulkan anggaran tersebut direalokasikan ke perbaikan jaringan pipa air  bersih di lokasi transmigrasi yang rusak akibat banjir bandang sungai oloboju di kec. sigi biromaru.

  1. dinas ketahanan pangan dan perikanan. kegiatan dewan ketahanan pangan dan cadangan pangan daerah senilai Rp.982.500.000,00.

Fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) mempertanyakan belanja barang jasa apa saja yang digunakan dalam kegiatan tersebut, mohon penjelasannya!.

  1. dinas tanaman oanga hortikultura dan perkebunan. kegiatan penyediaan sarana dan prasarana pengelolaan lahan dan air bersih senilai Rp.3.330.923.120,00, fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) mengusulkan pembangunan embung di desa potoya, dan desa langaleso kec. dolo serta pembangunan sumur di desa-desa di kecamatan sigi biromaru, kec. dolo dan kec. sibalaya yang lahan pertaniannya mengalami kekeringan dan atau kesulitan air karena kerusakan jaringan irigasi gumbasa akibat gempa.
  2. sekretariat dprd. kegiatan belanja penyusunan terhadap informasi layanan publik, senilai Rp.580.250.000,00, fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) mempertanyakan belanja barang jasa apa saja yang digunakan dari anggaran tersebut, mohon penjelasannya!.
  3. badan pendapatan daerah. kegiatan pendataan dan penagihan pbb-p dan bphtb sebelum perubahan senilai Rp.289.456.200,00 dan setelah perubahan senilai Rp.582.041.200,00,

Fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) mempertanyakan kenaikan anggaran 100% kegiatan tersebut, sebab kenaikan tersebut ternyata tidak mendorong kenaikan target pad, malah sebaliknya terjadi penurunan pad dari hasil pajak daerah sebesar Rp.488.356.658,00. oleh karena itu fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) mengusulkan target pad hasil pajak daerah sesuai target awal sebesar Rp.10.590.356.658,00. m. badan keuangan dan aset daerah.

  1. kegiatan penatausahaan administrasi keuangan daerah, sebelum perubahan senilai Rp.840.000.000,00 kemudian diusulkan dalam perubahan menjadi Rp.1.074.188.800,00. fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) mempertanyakan kenaikan tersebut mengambil anggaran dari mana? kami juga mempetanyakan dasar kenaikan belanja pegawai dan barang jasa pegawai dalam kegiatan tersebut, mohon penjelasannya!
  2. kegiatan perubahan apbd dan penyusunan apbd senilai Rp.995.275.000,00. fraksi bintang kesejahteraan sigi f-bks mengusulkan anggaran dikembalikan seperti semula senilai Rp.785.000.000,00. menurut kami pengembalian anggaran tersebut tidak menjadi penyusunan perubahan apbd dan penyusuan apbd tidak berjalan.
  3. fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) mengapresiasi kinerja pemerintah daerah atas diperolehnya dana insentif daerah yaitu senilai sebelum perubahan sebesar Rp.21.221.334.000,00 kemudian dalam perubahan terdapat kenaikan sebesar Rp.320.724.000,00 sehingga did yang diperoleh pemda sigi menjadi rp.21.542.058.000,00, untuk itu (f-bks) mempertanyakan tambahan did tersebut dialokasikan untuk belanja apa dan di opd mana saja, mohon penjelasannya. kami juga mengusulkan sebaiknya dana tersebut dialokasikan untuk peningkatan pengolahan sampah oleh dinas lingkungan hidup.

Di akhir pidatonya maka fraksi bintang kesejahteraan sigi (f-bks) menyatakan: menerimah pidato penjelasan bupati sigi dan nota keuangan  rancangan peraturan daerah kabupaten sigi tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) peubahan tahun 2020, selanjutnya menyetujui untuk dibahas ke tingkat selanjutnya.

Tim

 

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close