BERITA UTAMADonggalaLINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUS

DKP Kerja sama Dengan Kapolres Donggala Melaunching Penerapan Teknologi Budi Daya Ikan Dalam Ember

Bidiksulteng.com,Donggala – Pemerintah Kabupaten Donggala melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) bekerjasama dengan Kapolres Donggala melaunching penerapan teknologi budi daya ikan dalam ember atau yang biasa disebut Budikdamber sebagai salah satu jawaban guna memenuhi pangan rumah tangga.

Program ini selain memenuhi kebutuhan akan protein hewani yang didapatkan dari ikan, teknik budi daya yang mengadopsi sistem akuaponik ini juga menghasilkan sayuran untuk dikonsumsi.

Kepala Dinas perikanan dan kelautan kababupaten donggala Ali Asagaf mengatakan Budik damber merupakan teknik budi daya ikan ramah lingkungan yang memadukan antara budi daya ikan dan sayuran dengan menggunakan sarana ember sebagai wadah budi daya ikan serta memanfaatkan air media budi daya untuk tumbuh kembang tanaman sayuran.

Ia mengemukakan bahwa program tersebut sebagai tindak lanjut dari program ekonomi biru atau blue ekonomi yang menggabungkan pemanfaatan sumber daya laut dengan pendekatan berkelanjutan.

“Tujuan dari program Budikdamber ini adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta membuka sebanyak-banyaknya lapangan kerja,” ujarnya, usai lonching di halaman Mapolres Donggala, Jumat (8/3/2024)

Untuk menyukseskan program Budikdamber tersebut, DKP Donggala bekerja sama dengan Kapolres Donggala. Ali menyambut baik bentuk kerja sama yang dilakukan dengan berbagai elemen masyarakat guna memacu produktivitas masyarakat terutama di masa pemulihan ekonomi seperti sekarang.

“Budi daya seperti budikdamber sangat cocok untuk diadopsi oleh masyarakat, karena tidak memerlukan lahan yang luas dan bisa dilakukan di lahan seperti pekarangan rumah,” katanya.

Selain itu, ujar dia, tehknologi Budikdamber ini tidak memerlukan banyak air, teknologi ini juga tepat untuk digunakan pada daerah sulit air. Keunggulan lain dari budikdamber ini adalah bahan pembuatan yang sederhana membuat sistem ini mudah untuk diterapkan di berbagai lokasi di seluruh kabupaten Donggala.

Teknologi yang sederhana ini juga dapat menjadi bahan pembelajaran bagi anggota keluarga maupun anggota kelompok masyarakat. Karena sistemnya yang sederhana, budikdamber dapat diimplementasikan oleh siapa saja mulai dari ibu rumah tangga hingga anak- anak remaja,” tutupnya.

Untuk diketahui, launching program Budikdamber ini dihadiri Kapolda Sulteng, Irjen Agus Nugroho di dampingi Kapolres Donggala, AKBP Efos Satria Wisnuwardhana, pj bupati Donggala, Rifani Pakamundi, Ketua DPRD Donggala, Takwin, serta unsur Forkopimda lainnya. ( ID)

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close