BERITA UTAMASigi

DPRD Sigi Gelar Paripurna Usul Pengesahan Pengangkatan Bupati Dan Wakil Bupati Terpilih

BIDIKSULTENG.COM, SIGI- DPRD Sigi Gelar rapat paripurna usul pengesahan pengangkatan bupati dan wakil bupati terpilih hasil pilkada tahun 2020 berlangsung diruang sidang DPRD Sigi Jumat (19/2/2021).

Sidang paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Sigi Moh Rizal Intjenae S.Sos.M.Si didampingi Wakil Ketua DPRD Sigi 1 Rahmat Saleh. S.Hut, dan Wakil Ketua II Torki Ibrahim Turra.

Turut Hadir pula Sekab Sigi Moh Basir selaku Plh Bupati Sigi, Para anggota DPRD Sigi Bupati terpilih Mohamad Irwan. S.Sos.M.Si, Wakil Bupati Dr Samuel Yansen Pongi SE.M.Si, Kapolres Sigi AKBP Yoga Priyahutama. SH. S.I.K. MH, Kepala Pengadilan Donggala-Sigi, para Pimpinan OPD yang diikuti secara Virtual.

Ketua DPRD Sigi Moh Rizal Intjenae mengatakan bahwa tanggal 17 februari tahun 2021 telah berakhirnya masa jabatan bupati dan wakil bupati sigi periode tahun 2016-2021. sesuai ketentuan pasal 78 ayat (2) huruf a dan pasal 79 undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah serta surat edaran menteri dalam negeri nomor : 120/546/otda pada tanggal 26 januari 2021 perihal usulan pengesahan pengangkatan dan usulan pengesahan pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah, dan surat gubernur sulawesi tengah nomor 131/41/RO.OTDA, tanggal 28 januari 2021 perihal usulan pengesahan pengangkatan dan usulan pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Bahwa berdasarkan ketentuan tersebut, pada tanggal 8 februari DPRD kabupaten sigi telah menindaklanjuti dengan melaksanakan rapat paripurna dengan agenda pengumuman usul peresmian pemberhentian bupati dan wakil bupati sigi masa jabatan tahun 2016-2021 karena berakhirnya masa jabatan tanggal 17 februari tahun 2021, dan telah disampaikan kepada menteri dalam negeri melalui gubernur sulawesi tengah.

selanjutnya pada tanggal 15 februari 2021 menteri dalam negeri menerbitkan surat nomor 131/966/OTDA perihal pelantikan bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota melalui media teleconference dan/atau video conference, pada angka 3 antara lain menyatakan: bahwa gubernur, ketua DPRD kabupaten/kota dan ketua KPU kabupaten/kota untuk mempercepat proses pengusulan pengesahan pengangkatan bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota agar dapat dilantik bersama-sama pada minggu ke IV bulan februari 2021.

” Dan alhamdulilah KPU kabupaten sigi pada tanggal 18 februari telah melakukan pleno penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati sigi terpilih hasil pilkada tahun 2020, dan pada Jumat (19/2/2021) DPRD kabupaten sigi menindak lanjuti dengan melaksanakan rapat paripurna guna mempercepat proses sebagaimana surat mendagri, semoga proses ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sebagaimana yang kita harapkan bersama,”harapnya.

Sementara itu Plh Bupati Sigi Moh Basir dalam sambutanya mengatakan bahwa, DPRD kabupaten sigi telah melaksanakan paripurna usul peresmian pemberhentian bupati dan wakil bupati sigi masa jabatan tahun 2016–2021.

berdasarkan ketentuan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, serta menindaklanjuti surat kementerian dalam negeri nomor 120/546/OTDA tanggal 26 januari 2021 dan surat gubernur sulawesi tengah nomor 131/41/RO.OTDA tanggal 28 januari 2021 perihal usulan pengesahan pengangkatan dan usulan pengesahan pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah pada senin, 8 februari 2021.

selanjutnya berdasarkan hasil pilkada yang telah digelar secara serentak pada 9 desember 2020, dan telah melalui berbagai tahapan pelaksanaan, maka berdasarkan hasil pleno komisi pemilihan umum kabupaten sigi pada kamis, 18 februari 2021, DPRD kabupaten sigi menyampaikan usul peresmian pengangkatan bupati dan wakil bupati sigi terpilih masa jabatan tahun 2021-2025.

” kami menyampaikan apresiasi yang setingi-tinginya kepada seluruh anggota dewan yang terhormat yang selama ini telah bersama-sama dengan jajaran pemerintah daerah dan pelaksana pilkada mengawal jalannya pesta demokrasi untuk memilih pemimpin yang akan membangun kabupaten sigi ke depannya,”jelasnya.

” kami berharap bahwa sinergitas baik melalui saran, kritik, dan koordinasi yang selama ini telah terjalin tetap terjaga untuk bersama-sama dengan bupati dan wakil bupati sigi terpilih bapak Mohamad Irwan, S.Sos.,M.SI dan DR. Samuel Yansen Pongi, SE.,M.SI, serta jajaran pemerintah daerah membangun kabupaten sigi yang semakin maju,”tutupnya. (Lin)

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close