BERITA UTAMADonggalaLINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUS

Kegiatan Bimtek Para Kades,Bupati Donggala Berpesan Proaktif Dalam Mengidentifikasi Dan Mengelola Potensi Ekonomi Desanya

Bidiksulteng.com,DONGGALA– Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah diminta untuk lebih proaktif dalam mengidentifikasi dan mengelola potensi ekonomi di wilayah desanya.

Hal tersebut disampaikan Bupati Donggala, Moh Yasin dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kelembagaan Desa terkait Penguatan Peran Lembaga Desa dalam Menetapkan dan Menegaskan Batas Desa, di sebuah hotel Kota Palu, Selasa (5/12/2023).

“Saya minta kades dapat memanfaatkan potensi di desa masing-masing untuk menggerakkan perekonomian lokal. Diperlukan upaya bersama untuk membentuk Sumber Daya Manusia yang handal dalam mengelola potensi tersebut,” katanya.

Pertumbuhan ekonomi lanjut Yasin, bukan hanya tanggung jawab pemda, tetapi juga peran aktif dari lembaga desa.

Banyak potensi perairan Donggala seringkali tidak dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat.

Mantan Ketua DPRD Donggala itu juga menyoroti potensi garam di Kabupaten Donggala, yang memiliki luas pantai, namun belum dikelola secara efektif.

Menurut dia bahwa garam masih harus dibeli dari petani garam di Palu, sementara Kabupaten Donggala memiliki potensi pantai yang sangat luas.

“Saya ingatkan bahwa itulah pentingnya pembangunan Sumber Daya Manusia sebagai langkah strategis untuk memacu pembangunan ekonomi di tingkat desa,” paparnya. ID

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close