BERITA UTAMALINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUSNASIONALPaluSigi

Kementrian keuangan Memberikan Penghargaan Kepada Pemerintah Sulteng Salah Satunya Kab Sigi

Bidiksulteng.com,palu – Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura , bersama Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Kementrian Keuangan , Irfa Amri , Ak., MA, P.hd, Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol . Rudy Sufahriadi , Unsur Forkopimda Prov. Sulawesi Tengah Mengikuti dan Menyerahkan”Kemenkeu Satu Sulteng Awards”, Kamis, 3 November 2022.

Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Kementrian Keuangan Irfan Amri , AK, MA, P.hd. menyampaikan sambutannya menyatakan rasa trimakasih atas kebersamaan  Gubernur H. Rusdy Mastura  dan Kepala Instansi Vertikan dan OPD Daerah untuk mengikuti “Kemenkeu Satu Sulteng Awards dalam rangka Penguatan Kerjasama dan Evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah Bersama Kemenkeu – Satu Regional Sulawesi Tengah” dengan mengusung tema “Kolaborasi Bersama, Berprestasi Untuk Indonesia”.
Kanwil Perbendaharaan menyampaikan bahwa Kementerian Keuangan di Sulawesi Tengah, memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-76., dimana peringatan tahun ini bertemakan “Sigap Hadapi Tantangan, Tangguh Kawal Pemulihan”.

Sesuai dengan tagline tersebut, jajaran Kementerian Keuangan di daerah selaku pengelola keuangan negara, diharapkan merespon kebijakan fiskal dan keuangan negara secara adaptif, fleksibel, namun tetap akuntabel dan transparan. Kami berkomitmen untuk dapat melakukan pelayanan terbaik dan membantu para stakeholders termasuk Pemda dan instansi vertikal dalam mencapai tujuan dan kepentingan stakeholders.
Selanjutnya Kanwil Perbendaharaan menyampaikan bahwa Ekonomi Sulawesi Tengah mampu tumbuh kuat sebesar 11,17% year on year (yoy) pada kuartal kedua. Seluruh sektor dan daerah mengalami pertumbuhan positif dengan Pertumbuhan tertinggi terjadi pada Transportasi dan Pergudangan yang tumbuh sangat tinggi yakni 33,32%.

Sementara itu, sektor Pertambangan terus melanjutkan tren penguatannya. Tingginya permintaan di tengah disrupsi pasokan membuat harga komoditas di tingkat global menjadi tinggi.

Komponen pengeluaran Ekspor juga terus mencatatkan pertumbuhan tinggi. Hal ini tidak terlepas dari semakin meningkatnya aktivitas ekspor produk unggulan Sulteng seperti Besi Baja dan Nikel.

Kita berharap sektor-sektor yang berkaitan dengan mayoritas penduduk Sulteng seperti Pertanian, Perikanan dan Perkebunan dapat tumbuh lebih tinggi dari yang ada saat ini agar kesejahteraan rakyat dapat meningkat dan merata.
Penguatan pertumbuhan ekonomi di Sulteng ini tidak terluput dari kinerja setiap stakeholders dalam mengawal perekonomian di Sulawesi Tengah.

Hal ini dapat didukung dengan kondisi kinerja fiskal Sulawesi Tengah pada triwulan III tahun 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu (YoY) yang diperkirakan terus tumbuh hingga akhir tahun 2022 yang ditunjukkan oleh kinerja APBN pada pertumbuhan pendapatan negara di Sulteng mencapai 33,30% dan peningkatan belanja negara di Sulteng.

Selain  itu, kinerja APBD se- Sulteng juga mengalami pertumbuhan baik dari segi pendapatan daerah sebesar 5,90% dan belanja daerah sebesar 9,84%.
Provinsi Sulawesi Tengah telah menyusun beberapa laporan dan kajian yang merupakan hasil kolaborasi seluruh instansi vertikal Kementerian Keuangan se-Sulawesi Tengah, antara lain:
•Kajian Fiskal Regional Triwulan II Tahun 2022 / Semester I Tahun 2022
•Reviu Pelaksanaan Anggaran (RPA) Semester I Tahun 2022
•Laporan Forum Koordinasi Pengelolaan Keuangan Negara (FKPKN) Triwulan II Tahun 2022
•Government Finance Statistics (GFS)
Kami berharap bahwa kajian dan laporan yang secara periodic kami susun tersebut dapat memberikan infomasi, evaluasi, maupun saran dan rekomendasi bagi penyusunan opsi kebijakan dan kinerja pelaksanaan anggaran di daerah.

Dapat kami sampaikan pula bahwa Pemerintah Pusat pada saat ini sedang membangun Sistem Informasi Keuangan Republik Indonesia (SIKRI), guna menghasilkan konsolidasian laporan keuangan Pemerintah Pusat dan laporan keuangan seluruh Pemerintah Daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota). Dukungan kita semua, baik instansi vertikal Kementerian/Lembaga maupun Pemerintah Daerah, sangat dibutuhkan untuk mewujudkan sistem informasi keuangan yang berkualitas, guna pengambilan keputusan strategis bagi pembangunan di tingkat regional maupun nasional.
[URGENSI PELAKSANAAN KEGIATAN]
Hadirin yang saya hormati,
Kami bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mengadakan kegiatan ini dengan beberapa tujuan, yaitu :
1.Sebagai tindak lanjut arahan Menteri Keuangan terkait penguatan kolaborasi, budaya, dan sistem dalam program Kemenkeu Satu untuk mendorong perekonomian di daerah serta memperkuat kerja sama dengan instansi daerah dalam pembangunan daerah.
2.Mengoptimalkan kinerja fiskal di Sulawesi Tengah hingga akhir tahun ini, yang tinggal berjalan dua bulan ke depan, sekaligus menjadi acuan dalam pelaksanaan anggaran daerah ke depannya.
3.Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan sebagai bentuk apresiasi dan ungkapan terima kasih kami kepada para stakeholders, dalam hal ini pemerintah/ instansi daerah, yang telah bekerja keras dan cerdas dalam pelaksanaan anggaran yang andal, transparan, dan akuntabel guna mendorong pembangunan daerah.
Dalam kegiatan Kemenkeu – Satu Sulteng Awards ini, terdapat beberapa kategori penghargaan, antara lain :
1.Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Bagi Pemerintah Daerah Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah;
2.Kinerja Pengelolaan DAK Fisik Semester I TA 2022 Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah;
3.Kinerja Pengelolaan Dana Desa Semester I TA 2022 Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah;p
4.Pengajuan Penyaluran Pertama DAK Fisik Tercepat TA 2022 Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah;
5.Pengajuan Penyaluran Pertama Dana Desa Tercepat TA 2022 Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah;
6.KPPN dengan Kinerja Terbaik Dalam Pengelolaan Dana Alokasi Khusus dan Dana Desa Semester I TA 2022 Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah;
7.Kualitas Penyusunan, Penyampaian, dan Pertanggungjawaban Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2022 Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah;
8.Kinerja Penyusunan Laporan Keuangan Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran – Wilayah (LK-UAPPA-W) Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah;
9.Penilaian Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (IKPA) Semester I TA 2022 Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah; dan
10.Pengelolaan Barang Milik Daerah Terbaik Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah.
Berlatar belakang hal-hal tersebut, kami memilih tema kegiatan ini dengan judul “KOLABORASI BERSAMA, BERPRESTASI UNTUK INDONESIA”, sebagai acuan untuk bersama-sama kita dapat bersinergi dan berkolaborasi bersama dalam menghadapi tantangan, untuk dapat mengoptimalkan kinerja pelaksanaan anggaran daerah demi Sulawesi Tengah yang lebih baik.
Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura Menyampaikan sangat Mengapresiasi Kegiatan Yang Dilaksanakan Kanwil Perbendaharaan Kementrian Keuangan RI yang sudah memberikan Apresiasi dan Pengharagaan kepada Pemerintah Daerah dan Instansi Pemerintah Pengelola Keuangan Terbaik.

Diharapkan kegiatan ini jadi pendorong untuk semua penyelenggara pemerintahan untuk terus melakukan tata kelola keuangan dengan baik sehingga dapat memperoleh Opini terbaik dari BPK RI dalam penatakelolaan keuangan.
Selajutnya Gubernur menyampaikan bahwa Percepatan pembangunan yang dilaksanakan harus melalui dukungan dan Kalaborasi bersama semua pihak , *Sehingga Saya Gubernur tidak pernah Merasa Minder Untuk Menemui Kementrian dan Semua Pihak yang saya anggap bisa membantu Pembangunan Sulawesi Tengah.
Gubernur juga menyampaikan hasil pertemuannya dengan Kepala Sekretariat Presiden Pak Muldoko , untuk dapat mendukung terbitnya Peraturan Presiden RI untuk Rencana Pembangunan Sulawesi Tengah berbasis Potensi dan Kewilayahan melalui APBN , APBD dan Swasta sebesar Rp. 450 T., dan Pak Muldoko sangat mendukung terbitnya Praturan Presiden Tersebut.
Selanjutnya Gubernur menyampaikan bahwa provinsi sulawesi tengah diberikan kepercayaan untuk Pengembangan Kawasan Pangan Nasional dan Pengembangan Ketahanan Pangan seluas 178 Ribu Ha di Sulawesi Tengah.
Selanjutnya Gubernur Menyampaikan bahwa saat ini atas usaha kita bersama , bahwa tahun lalu angka kemiskinan kita turun 1 % , Pertumbuhan Pembangunan Kita mencapai 11, 17% , Investasi Kita terbesar Kedua Secara Nasional dan Sulawesi Tengah masuk sebagai daerah surplus Beras , semoga kedepan melalui niat yang baik kita Angka kemiskinan kita terus menurun dan Pertumbuhan Pembangunan kita terus meningkat .(ID)

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close