BERITA UTAMALINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUSNASIONALPalu

Kakanwil Kemenkumham Sulteng Dukung Perlindungan Anak Lewat Pengangkatan Sumpah Perwalian

Bidiksulteng.com,Palu – 18 Maret 2024 – Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, menegaskan pentingnya perwalian dalam memastikan hak-hak dan kesejahteraan anak di bawah umur. Hal ini disampaikannya dalam acara pengangkatan sumpah perwalian yang diselenggarakan bersama BHP Makassar di Aula Kanwil Kemenkumham Sulteng.

Hermansyah menekankan bahwa pengangkatan sumpah perwalian merupakan langkah penting dalam proses penetapan wali yang bertanggung jawab atas pengasuhan, pendidikan, dan pengelolaan harta anak.

“Perwalian merupakan amanah yang mulia dan harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab. Saya harap para wali yang baru saja dilantik dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya demi kepentingan terbaik anak,” ujar Hermansyah.

Hermansyah juga mengapresiasi kolaborasi antara Kanwil Kemenkumham Sulteng dan BHP Makassar dalam menyelenggarakan acara ini. Ia berharap sinergi ini dapat terus terjalin dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, khususnya dalam hal perlindungan anak.

Hadariah, Selaku Kurator Keperdataan Ahli Madya pada Balai Harta Peninggalan Makassar, menjelaskan bahwa acara ini mengangkat sumpah 4 orang wali yang telah ditetapkan oleh pengadilan, keempat wali tersebut akan bertugas memberikan perwalian kepada berbagai anak korban dari bencana alam di Palu, Sigi dan Donggala pada tahun 2018 silam.

“Pengangkatan sumpah ini merupakan agenda terakhir dalam proses perwalian. Dengan pengucapan sumpah ini, para wali secara resmi telah menerima tanggung jawab dan amanah untuk mengasuh dan melindungi anak-anak di bawah umur,” jelas Hadariah.

Acara ini dihadiri oleh para Pimti Pratama Kanwil Kemenkumham Sulteng, Perwakilan BHP Makassar, dan para wali yang diangkat sumpahnya. (HKKS/ID)

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close