BERITA UTAMADonggalaLINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUS

Moh Yasin optimis bahwa target penurunan stunting 14 persen di Donggala Tahun 2024

DONGGALA– Bupati Donggala, Moh Yasin optimis bahwa target penurunan prevalensi stunting 14 persen di wilayahnya tahun 2024 akan tercapai. Hal itu seiring dengan meningkatnya konsumsi ikan di wilayah tersebut.

Pernyataan tersebut dia sampaikan saat membuka kegiatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) di Desa Pangalasiang, Kecamatan Sojol, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah pada Selasa (21/11/2023).

“Kita harus optimis bahwa target prevalensi stunting 14 persen pada 2024 akan tercapai, dengan target penurunan sebesar 3,8 persen per tahunnya,” ujar Yasin.

Dia menegaskan dukungannya untuk meningkatkan konsumsi ikan per kapita per tahun menjadi 48,90 kilogram (kg) sesuai dengan amanat RPJMD Kabupaten Donggala.

“Upaya ini diharapkan tidak hanya memberikan dampak positif pada kesehatan masyarakat, terutama dalam menurunkan angka stunting,” tuturnya.

Yasin menyatakan bahwa upaya tersebut akan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Perekonomian Kabupaten Donggala mengalami penurunan sejak tahun 2020, menurun dari 5% menjadi 4,7%, dan saat ini mencapai 3,8%. Penurunan ini mengindikasikan rendahnya produktivitas, khususnya di sektor pertanian dan nelayan,” ungkapnya.

Untuk mengatasi tantangan ini, dia memerintahkan kepala desa dan camat untuk mengambil langkah strategis dalam meningkatkan produktivitas di tingkat lokal, dengan fokus pada sektor pertanian dan nelayan sebagai andalan potensial.

“Dengan strategi ini, pemerintah daerah berharap dapat menurunkan angka stunting, memulihkan pertumbuhan ekonomi, serta mendorong sektor-sektor potensial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” tuturnya. ID

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close