BERITA UTAMALINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUSPolitikSigiSOROTAN

Alot “Ada Apa”Saling Pukul Meja, Antara Bawaslu vs KPU Sigi Dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPHP 

Bidiksulteng,SIGI, – Sangat di sayangkan minggu kemarin Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) Tingkat Kabupaten Sigi berlangsung alot. Saling adu argumen antara pihak KPU dan Bawaslu warnai rapat pleno tersebut.

Rapat Pleno itu dipimpin oleh ketua KPU Sigi Soleman didampingi Anggota KPU Sigi lainnya Hairil, Anhar dan Rosnawati, berlangsung di pemancingan Denis Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi,Rabu (5/4/2023).

Sementara dari Bawaslu Sigi dihadiri oleh anggota Bawaslu antara lain Dewi Tisnawaty dan Agus Salim Irade.

Terjadi ketegangan di rapat pleno tersebut bermula saat Ketua KPU Sigi Soleman membacakan tata tertib pleno, diinterupsi oleh Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Sigi Dewi Tisnawaty.

Anggota Bawaslu Sigi Dewi Tisnawaty meminta kepada KPU Sigi untuk menghadirkan semua anggota Panwascam 15 Kecamatan secara keseluruhan dalam pleno terbuka tersebut.

Namun permintaan itu tidak disetujui KPU Sigi dan hanya menyetujui 1 orang Panwascam dari masing-masing Kecamatan.

Ditengah adu argumentasi itu, Anggota Bawaslu Sigi Dewi Tisnawaty sempat memukul meja. Pun dibalas oleh Ketua KPU Sigi Soleman dengan melakukan hal yang sama.

“Saya juga bisa marah bu,” kata Soleman kepada Dewi Tisnawaty.

Seperti diinginkan Dewi Tisnawaty, agar pleno kali ini menghadirkan tiga Panwascam masing-masing Kecamatan.

“Jadi permasalahan yang terjadi di kecamatan bukan hanya satu, dua, tiga begini pak. Banyak permasalahan yang terjadi di Kecamatan makanya kami minta hadirkan semua Panwascam, apa masalahnya ketika tiga Panwascam kami untuk dihadirkan di Pleno ini,” ujar Dewi Tisnawaty kepada KPU Sigi.

Sementara itu Ketua KPU Sigi Soleman selaku pimpinan Pleno mengatakan, pihaknya sudah mengakomodir permintaan Bawaslu Sigi untuk menghadirkan satu anggota Panwascam.

“Ibu meminta dan kami sudah akomodir. Intinya cuma satu bu. Yang pimpin rapat saya dan yang tentukan saya. Silahkan laporkan kami di Provinsi jika kami menyalahi. Ibu tadi minta satu sudah kami akomodir malah minta lagi. Masalahnya dimana sebenarnya, saya juga bingung, dihadirkan satu Ibu marah, tidak diakomodir ibu marah dan diakomodir tetap marah,” kata Soleman.

Hadir dalam Pleno Anggota Parpol di Sigi, Wabup Sigi Samuel Yansen Pongi, Kasat Intel Polres Sigi, Perwakilan Binda Sulteng, dan Kadis Dukcapil Sigi.(tim)

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close