BERITA UTAMADonggalaLINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUS

DPRD Donggala Gelar Rapat Paripurna

Bidiksulteng.com, Donggala – Rapat Paripurna ke-Enam masa Persidangan kedua Tahun Sidang 2022 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Donggala dalam rangka mendengar jawaban Bupati Donggala Atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Terhadap Pengantar Nota Keuangan Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021.

Paripurna tersebut digelar diruang Sidang Utama Kantor DPRD Kabupaten Donggala, dipimpin Ketua DPRD Donggala Takwin, Wakil Ketua I Sahlan L.Tandamusu dan Wakil Ketua II Asis Rauf serta dihadiri Wakil Bupati Donggala Moh. Yasin. (14/07/2022).

Jawaban Bupati di paripurna DPRD Donggala tersebut, Wabup Moh. Yasin memberi jawaban atas pertanyaan Pandangan Umum Fraksi PDI-Perjuangan dalam saran terhadap Pengantar Nota Keuangan Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021.

Adapun poin-poin yang di pertanyakan Fraksi PDI-Perjuangan antara lain adalah pertama, membuat semacam tim survey terhadap kesuksesan wajib pajak disetiap desa, sebagai upaya peningkatan sebesar-besarnya bagi capaian Pendapatan Asli Daerah.

Yasin menjawab peningkatan PAD Pemerintah Kabupaten Donggala telah mengadopsi pola kerja berpedoman pada fungsi pajak daerah melalui survey terkait dengan obyek tanah dan bangunan, pada proses penetapannya sesuai dengan hasil penilaian tim survey.

Selanjutnya untuk pertanyaan kedua adalah melakukan efesiensi anggaran yang berpihak pada program kerakyatan. Dan jawabannya, “Pemkab Donggala telah melakukan efesiensi anggaran yang berpihak pada program kerakyatan dengan memperhatikan skala prioritas pembangunan daerah.”

Pertanyaan ketiga adalah Kenapa masih diteruskan program pembangunan jembatan gantung di nilai tidak efektif di Desa Polanto Jaya, Kecamatan Rio Pakava. Padahal kebutuhan utama masyarakat di bangun jembatan alternatif terdekat menuju kota Donggala. Dan jawabannya ialah “Program pembangunan jembatan di Desa Polanto Jaya Kecamatan Rio Pakava Tahun 2022 adalah merupakan pembayaran sisa yang belum terbayarkan dalam pembangunan jembatan gantung 2021,” Ungkap Yasin di hadapan Rapat Paripurna. (ID).

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close