BERITA UTAMADonggalaLINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUS

29 JCH Asal Donggala Di Lepas Oleh Bupati

Bidiksulteng.com, Donggala – Di Wisma Donggala Bupati Kasman Lassa akhirnya resmi melepas keberangkatan Jemaah Calon Haji asal Kabupaten Donggala Tahun 1443 Hijriah Tahun 2022 Masehi. (25/06/2022).

Pelepasan dan Pemberangkatan Jemaah Calon Haji tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Donggala Rustam Efendi, Asisten Bidang Administrasi Umum DB Lubis, Kabagren Polres Donggala AKP. Irwansyah, dan para pimpinan OPD/Kepala Bagian, serta para Camat di Kabupaten Donggala.

Tahun 2022 ini jamaah calon haji di Kabupaten Donggala berjumlah sebanyak 29 orang dari 11 Kecamatan, dari Banawa 4 orang, Banawa Selatan 5 orang, Labuan 3 orang, Tombusabora 3 orang, Tobata 1 orang, Sirenja 3 orang, Balaesang 2 orang, Balaesang Tanjung 1 orang, Dampelas 1 orang, dan Sojol 1 orang serta Sojol Utara 5 orang.

Dalam kesempatan itu, Bupati Donggala Kasman Lassa menyampaikan rasa syukur, dimana tahun ini diketahui bahwa penyelenggaraan ibadah haji sempat tertunda selama 2 Tahun karena pandemic virus corona.
“Alhamdulillah para Jemaah calon haji asal Kabupaten Donggala sebanyak 29 orang dapat berangkat seluruhnya sesuai tempat tinggalnya di Kabupaten Donggala,” kata Kasman Lassa.

Bupati Kasman Lassa berpesan kepada para Jemaah calon haji asal Donggala, agar selalu menjaga kesehatan, karena pada dasarnya ibadah haji bukan hanya ibadah batin tetapi juga ibadah lahir, yang memerlukan fisik sehat dan kuat untuk dapat melaksanakan serangkaian ibadah haji.

“Saya selaku Kepala Daerah bersama jajaran Pemda Donggala, Kementerian Agama, Pengadilan Agama, dan Forkopimda serta seluruh masyarakat Kabupaten Donggala, tetap istiqamah mendoakan Jemaah calon haji di tanah suci, dan begitupula sebaliknya jangan lupa doakan kami di tanah suci Mekkah, sehingga semua pejabat dan seluruh masyarakat diberikan kesehatan, umur panjang, murah rezeki,” ucap Kasman Lassa berdoa.

Sementara Kepala Seksi Haji Kementerian Agama Kabupaten Donggala H. Burhan Munawir, mengatakan Tahun 2022 ini, hanya mendapatkan kuota sebanyak 912 orang, yang di dalamnya sudah termasuk petugas haji.

“Dimana terbagi dalam tiga kloter penerbangan yaitu kloter 3, 4 dan 5 dari jumlah itu, Kabupaten Donggala mendapatkan kuota 29 orang, dan Jemaah calon haji Kabupaten Donggala tergabung dalam kloter 5 embarkasi Balikpapan. Jemaah calon haji Kabupaten Donggala, kloter terakhir di Sulawesi Tengah, akan di berangkatkan 26 Juni 2022, sekitar pukul 14.00 menggunakan pesawat Sriwijaya Air dengan Nomor Flight SJ1373,” terang Burhan Munawir.

“Jemaah calon haji agar memantapkan niat, perjalanan ibadah haji adalah perjalanan ibadah kepada Allah SWT, sudah tentu banyak rintangan dan cobaan yang dihadapi. Namun terasa ringan bilamana kita benar-benar ikhlas menjalankan ibadah yang dinantikan bertahun-tahun, yang tidak semua orang dapat memiliki kesempatan itu,” Pesannya.(ID)

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close