BERITA UTAMALINTAS SULTENGSigi

ADRA Gelar Pelatihan Sistim Koordinasi Klaster Panduan & Strategi Hadapi Bencana

BIDIKSULTENG.COM, PALU- pelaksanaan pelatihan  SISTIM KOORDINASI KLASTER PANDUAN DAN STRATEGIS yang di laksanakan oleh pihak Project ADRA INDONESIA,dimana kegiatan ini telah di danai oleh pihak European civil Proteetion and Humanitarian Aid Operations ( ECHO ).

Tentunya kegiatan tersebut yang di laksanakan pada hari Rabu 22 sampai 23 September 2021 di Aula Swiss Belhotel Palu.

Dalam pelatihan tersebut Asrul Repajori selaku Kepala pelaksana harian Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi mengatakan dalam sambutanya bahwa kami dari pihak BPBD Sigi banyak berterima kasih kepada semua  pihak untuk melakukan koordinasi demi kepentingan masyarakat Sigi kedepan.

Terutama dengan kegiatan ini maka semua elemen baik itu lembaga -lembaga sampai ke masyarakat sangatlah membutuhkan bagaimana sistim koordinasi klaster panduan dan strategis menghadapi bencana kedepan.

“Kami dari BPBD Sigi mengharapkan agar dengan pelatihan ini semua materi-materi yang di dapatkan bisa di sosialisasikan di tengah-tengah masyarakat Sigi yang  terdampak atau yang tidak terdampak bencana agar bagaimana menghadapi bencana ke depan,” harapnya.

Selain itu juga Asisten II Iskandar Nonji yang mewakili Bupati Sigi mengatakan dalam sambutanya dengan menamba wawasan dan pengetahuan tentang sistim koordinasi klaster panduan dan strategis merupakan kunci dalam menyelesaikan masalah bencana kedepan.

“Tentunya kita tahu semua bahwa Kabupaten Sigi merupakan daerah yang rawan akan bencana,apa lagi saat ini kita masih di hadapkan dengan bencana non alam yaitu penyebaran covid 19,” ucapnya.

Lanjut Iskandar mengatakan olehnya kegiatan yang dilaksanakan hari ini sangatlah penting.

“Guna untuk meningkatkan kualitas dalam menagulagi bencana serta kerja keras sekaligus menjadi tangung jawab kita bersama kedepan,” ujarnya

Selain itu juga bencana adalah masalah umum yang membutuhkan upaya kolaboratif nyata seperti yang di tekankan oleh presiden republik indonesia.

Bahkan lebih jauh Iskandar menjelaskan pengaktifan klaster nasional penagulangan bencana sangatlah di butuhkan.

“Salah satu klaster nasional saat ini yang sangatlah penting untuk segera dibahas adalah klaster perlindungan dan pegungsiaan sebab mengingat Kabupaten Sigi memiliki potensi bencana alam,” jelas mantan Kadis PU Sigi tersebut.

Di penghujung sambutanya Iskandar membuka kegiatan serta mengharapkan melalui kegiatan ini akan tersusun prosudur tetap terkait penaganan bencana.

“Sehingga apabila terjadi bencana maka kita selaku unsur Pemerintah selalu siap sedia dalam menghadapi bencana,” tutupnya.

(ID)

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close