BERITA UTAMALINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUSNASIONALSigi

Melalui Jumat Curhat Polda Sulteng dan Polres Sigi Perkuat Pencegahan Narkoba di Sigi

Bidiksulteng.com,SIGI,-Dalam suasana penuh keakraban, Polda Sulawesi Tengah dan Polres Sigi menggelar kegiatan Jumat Curhat di Cafe Inklusi di Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, yang dihadiri oleh Direktur Narkoba Polda Sulteng, Kombes Pol Dasmin Ginting, S.I.K. Jumat, (19/04/2024).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat, antara lain Kabag Bin Ops Ditresnarkoba Polda Sulteng AKBP Pradiptya Mahayana, A.Md., S.K.M., Kabagops Polres Sigi AKP Ahmad Bagus Harun, S.H. yang mewakili Kapolres Sigi, serta PJU Polres Sigi dan Bhabinkamtibmas Desa Kalukubula Bripka I Ketut Mulyadi, serta Kadus II Desa Kalukubula Ibnu Said dan beberapa perwakilan warga Sigi, yang diberikan kesempatan untuk menyampaikan aspirasi dan permasalahan yang dihadapi.

Beberapa permasalahan yang disampaikan antara lain dari Kadus II Desa Kalukubula Ibnu Said, yang mengenai bagaman cara mengantisipasi anak yang masih dibawah umur ketahuan mencuri setelah diperiksa anak tersebut di bawah pengaruh narkoba, kemudian dari salah satu Mahasiswa Untad Dian meminta solusi mengenai cara agar tidak terpengaruh narkoba.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Dirresnarkoba Polda Sulteng menjelaskan, bahwa dibutuhkan peran langsung dari keluarga yang dapat menjelaskan dampak bahaya penggunaan narkoba. Edukasi dapat diberikan kepada keluarga kita khususnya anak kita melalui foto maupun video dari dampak narkoba agar anak-anak kita dapat memahaminya dan segera menghindarinya.

Dirresnarkoba menambahkan pentingnya juga membuat Siskamling di desa maupun RT RW sehingga dapat memantau adanya pergerakan para penjual maupun pengguna narkoba sampai pada kasus pencurian yang sering terjadi pada waktu malam hari.

Diharapkan dari kita jangan sampai mengabaikan hal yang paling kecil sekalipun, jikalau ada yang ketahuan memakai narkoba segera laporkan tidak usah ragu sampaikan nama, identitas dan ciri-ciri orang tersebut, nantinya jika berhasil kami akan memberikan apresiasi dan khususnya bagi para pemuda, apresiasi tersebut bisa menjadi tiket untuk mendaftar Polisi.

Kemudian untuk menghindari hal-hal negatif termasuk Narkoba agar diintensifkan kegiatan-kegiatan yang bersifat positif setiap hari dan bagi aparat desa dapat membangun fasilitas yang di khususkan untuk anak muda seperti fasilitas olah raga dan sebagainya. Kita juga dapat memperdalam keimanan dalam agama yang kita yakini, kami yakin jika kita memperdalam keimanan kita, kita juga nantinya tidak mudah terpengaruh dengan narkoba.

Menutup kegiatan tersebut, Kabagops Polres Sigi berharap agar kegiatan seperti ini dapat memperkuat hubungan antara Polri dan masyarakat serta membantu menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dalam hal keamanan dan ketertiban masyarakat.[HPS/ID]

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close