BERITA UTAMADonggalaLINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUS

Dinas Perpustakaan Kabupaten Donggala melaksanakan Bimtek tata kelola perpustakaan umum

Bidiksulteng.com,DONGGALA– Dinas Perpustakaan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) tata kelola perpustakaan umum, khusus, dan satuan pendidikan. Bimtek ini merupakan program tarnsformasi perpustakaan.

Sebanyak 95 orang peserta terdiri dari perpustakaan umum/desa 30 orang, perpustakaan SD 45 orang, dan perpustakaan SMP 20 orang berkesempatan mengikuti bimtek yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga perpustakaan dalam mengelola perpustakaan di desa maupun dilingkungan pendidikan.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Donggala, Pangeran Jage L Dg Bone mengatakan, bimtek tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga perpustakaan dalam mengelola perpustakaan, umum, khusus, maupun dilingkungan pendidikan.

Terutama lanjut dia, bimtek tersebut dapat memberikan pengetahuan bagi pengelola perpustakaan yang belum memiliki latar belakang pendidikan atau pelatihan di bidang perpustakaan.

“Saya berharap tenaga pengelola dapat meningkatkan kemampuan manajerial dan keahlian teknis lainnya dalam mengelola perpustakaan,” katanya, saat membuka kegiatan Bimtek di aula kantor Perpustakaan Donggala, Rabu (6/12/2023).

Menurut Pangeran, bagaimana perpustakaan tidak hanya sekedar menjadi tempat membaca dan meminjam buku saja.

Melainkan juga tempat berkegiatan mengembangkan potensi diri melalui program nasional transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Dalam Undang-Undang Perpustakaan pada Bab I pasal 1 menyatakan perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya melalui beragam cara interaksi pengetahuan.

Dia mengatakan, perpustakaan merupakan upaya untuk memelihara dan meningkattkan efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar.

Perpustakaan yang terorganisir secara baik dan sisitematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di tempat perpustakaan tersebut berada.

“Perpustakaan mempunyai beberapa fungsi, yang diantaranya adalah, fungsi penelitian, fungsi pendidikan, fungsi rekreasi, fungsi informasi. Perpustakaan memiliki manfaat untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar,” jelas Pangeran. ID

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close