BERITA UTAMALINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUSNASIONALSigi

Di Kabupaten Sigi SPR di Deklarasi di Kec. Palolo

Bidiksulteng.com,sigi- Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sigi kembali melakukan deklarasi Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) yang ketiga bertempat di desa Bahagia Kecamatan Palolo. Pada tanggal 18 Maret 2023, bertempat di Kantor Desa Bahagia.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sigi, Muhammad Akib Ponulele, S.Pt, menyampaikan bahwa
Sekolah Peternakan Rakyat ini yang ketiga ini merupakan kerja sama Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi

Dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), sebelumnya sudah terbentuk SPR kec Dolo Selatan dan SPR di Kec. Marawola.
Prof. DR. Mulatno selaku inisiator program SPR ini hadir dan memberikan arahan langsung dalam deklarasi ini.

Dalam penyampaiannya beliau menjelaskan bahwa program SPR ini diharapkan dapat membawa sektor peternakan yang dikelola oleh rakyat dapat lebih berkembang dan maju dengan orientasi bisnis dan bukan hanya sekedar menjadi usaha sambilan saja.

Program SPR ini dalam satu periode untuk saat ini cukup dengan mengikuti tahapan pendidikan selama 9 bulan, semakin singkat dari program SPR sebelumnya yang mencapai 2 tahun, dengan titik berat adalah merubah mindset dan pola pikir peternak untuk bisa menjadi peternak yang lebih mandiri.
Dalam kesempatan ini Bupati Sigi yang diwakili oleh staf ahli bidang Hukum dan Politik Tony W. Ponulele memberikan dukungan serta terima kasih yang sebesar besarnya kepada Institut Pertanian Bogor yang sudah banyak memberikan bantuan dalam program SPR di Kabupaten Sigi.

Dalam kesempatan ini pula anggota DPRD Sigi, Abdul Rifai Arif, S.Pt, dalam sambutannya sangat memberikan apresiasi dengan pelaksanaan deklarasi SPR yang ketiga di Kabupaten Sigi ini. Dengan melihat progress perkembangan program SPR ini mengharapkan kepada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sigi program SPR ini bisa dilaksanakan di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Sigi.

Politisi yang dikenal sangat dekat dengan petani juga menyampaikan bahwa sektor peternakan di Kabupaten Sigi mempunyai prospek dan masa depan yang sangat baik apalagi dengan keberadaan Ibukota Negara dan beliau menyatakan komitmen siap.untuk memberikan suppor secara pribadi maupun kelembagaan.
Turut hadir dalam deklarasi SPR ini antara lain, pejabat dari Balai

Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Sulawesi Tengah, Pejabat dari Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Pejabat Dinas Perkebunan dan Peternakan Sulawesi Tengah, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sigi.(ID)

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close