BERITA UTAMALINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUSPaluParimo

Pejabat Pemprov Temui Aksi Demo Penolakan Izin Pertambangan Trio Kencana

BIDIKSULTENG.COM,PALU – Kepala Bagian Materi Komunikasi Pimpinan Biro Administrasi Pimpinan Adiman SH, M.Si , Tim Ahli Gubernur Bidang Komunikasi , Andono Wibisono, Tim Ahli Gubernur Bidang Pemberdayaan Masyarakat Hamdin dan Pejabat Pada Biro Ekonomi , menerima aksi demonstrasi puluhan masyarakat atas nama Aliansi rakyat bersatu (ARB) bertempat di depan Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Senin 5 September 2022.

Dalam selebarannya, ARB meminta agar izin usaha pertambangan (IUP) PT. Trio Kencana dicabut dan membebaskan 3 orang pelajar yang ditetapkan sebagai tersangka.

Lanjut dalam selebarannya, ARB yang mengatas namakan rakyat Kasimbar, Toribulu dan Tinombo Selatan menuntut empat poin utama.

Keempat poin dimaksud ; 1. Tuntaskan kasus Erfaldy, 2. Lahan pangan bukan untuk ditambang, 3. Turunkan harga BBM dan 4. Keluarkan genset dan sound sistem yang ditahan.

Kabag MKP Adiman terlebih dahulu menyampaikan salam hangat Gubernur dan menginformasikan Gubernur tidak sempat menemui perwakilan ARB karena sedang tugas kedinasan di Desa Dampelas, Pantai Barat dalam rangka rencana persiapan kunjungan Presiden Ir. Jokowidodo untuk pengembangan kawasan pangan nasional penunjang Ibu Kota Negara Kalimantan Timur.

Lebih lanjut Kabag Adiman menyampaikan Gubernur senantiasa berpihak kepada rakyat, Gubernur Selalu Menyampaikan Jangan Merugikan Masyarakat dan Masyarakat harus mendukung Investasi

“komitmen gubernur akan senantiasa berpihak kepada rakyat, akan tetapi dari sisi UU Gubernur tidak memiliki kewenangan semena-mena mencabut izin pertambangan,” bebernya.
Gubernur Selalu meminta yang Ditetang adalah Pertambangan Liar, Tambang Liar Marak harus dilawan.

Selanjutnya disampaikan bahwa Selama ini PT. TRIO KENCANA , Belum melakukan produksi karena harus melengkapi kewajibannya untuk melakukan kajian terkait dengan Kapasitas Cadangan diwilayah IUP PT. Trio Kencana, masih sebatas itu.

Gubernur lanjut Kabag Adiman telah mengundang dan mengadakan pertemuan dengan Camat, kepala Desa, tokoh masyarakat serta pihak terkait lain dan memerintahkan pihak PT. Trio Kencana melakukan sosialisasi terlebih dahulu.

“Kami akan menyampaikan tuntutan yang dibawa kepada Bapak Gubernur. Beliau bersama Kapolda dan Forkopimda sedang berada di Pantai Barat terkait rencana kunjungan Presiden,” jelasnya.
Selanjutnya Meminta Pengunjuk Rasa agar Kembali dan menjaga keselamatan di Jalan(ID)

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close