BERITA UTAMALINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUSSigi

Gubernur Sulteng,Di Dampingi Bupati Sigi,Melakukan Penanaman Jagung Perdana

BIDIKSULTENG.COM,SIGI-Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, Didampingi Bupati Sigi Moh. Irwan Lapata, Melakukan Penanaman Jagung Perdana Terintegrasi Dengan Peternakan Oleh PT. Hanta Yuda Mukti, Desa Sidondo Kecamatan Biromaru., Rabu , 24 Agustus 2022.

Gubernur Pada Kesempatan itu Didampingi Kepala OPD  Provinsi , Kadis Tanaman Pangan dan Holti kultura Nelson Metubun, Kadis Perkebunan dan Peternakan Ibu Ir. Maya Malania Nur MT, Plt. Kepala BPBD ,Kepala Biro Pembangunan Drs. Afran, M,Si, Karo Administrasi Pimpinan Edy Lesnusa, S.Sos.

Dalam Kegiatan tersebut Direktur Utama Hanta Yuda Mukti , Happy Yeremia Manopo, Menyampaikan Ucapan Terimakasih , Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa , Allah SWT , atas Anugrahnya sehingga saat ini PT. Hanta Yuda Mukti telah dapat melakuka  Penanaman Perdana Tanaman Jagung yang akan terintegrasi dengan Peternakan.

PT. Hanta Yuda Mukti sangat berterimakasih Kepada Bupati Sigi dan Gubernur Sulawesi Tengah atas dukungan dan kebijakan yang diberikan sehingga PT. Hanta Yuda Mukti dapat ikut Mewujudkan Mimpi Gubernur untuk menyujudkan Sulawesi Tengah sebagai Penyuplay Utama Kebutuhan Pokok IKN.

PT. Hanta Yuda Mukti melihat Potensi Pertania di Kabupaten Sigi sangat besar sehingga , Kabupaten Sigi dipilih untuk Pengembangan Pertanian dan Peternakan dengan Konsep Agrotaiment And Farming .

Sementara Happy Yeremia Manopo , Tertarik untuk mengembangkan Agro industri di Kabupaten Sigi didorong atas perpindahan Ibu Kota Negara di Kalimantan , Sulawesi Tengah merupakan daerah yang sangat strategis dan Potensi Pertanian dan Peternakan juga sangat besar , Olehnya PT. Hanta Yuda Mukti akan Membangun Agroindustri di Kabupaten Sigi terintegrasi Peternakan

Selanjutnya PT. Hanta Yuda Mukti akan melakukan Transfer Pengetahuan dan Metode Pengelolaan Industria Pertanian di Kabupaten Sigi.
Selanjutnya Bupati Sigi Moh. Irwan Lapata, menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Sulawesi Tengah atas dukungan dan perhatiannya yang begitu besar terhadap pembangunan daerah sulawesi tengah secara khusus Kabupaten Sigi.

Irwan Lapata menyampaikan bahwa Kabupaten Sigi Sesuai potensi yang dimiliki adalah bidang Pertanian dan Perkebunan dan Peternakan , Wilayah Sigi sebagian besar berada area Hutan Lindung, Untuk itu Bupati Sigi Sangat Mengapresiasi atas dukungan PT. Hanta Yuda Mukti yang mendukung terwujudnya Kabupaten Sigi Yang Maju berbasis Agrobisnis untuk itu Irwan Lapata menyampaikan Dengan Perpindahan IKN di Kalimantan menjadi Peluang besar buat Kabupaten Sigi karena potensi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan .

Selanjutnya Bupati Sigi meminta kepada Gubernur untuk mendukung kabupaten Sigi Membangun Rumah Pemotongan Hewan Yang Modren untuk Menyuplai Daging Segar Beku Ke IKN.

Kedepan melalui RPH Modren Akan memberikan dampak besar terhadap Kesejahtraan Masyarakat melalui Kepastian Pasar Ternaknya.
Bupati Juga menyampaikan terimakasih kepada Gubernur atas dukungannya untuk Meningkatkan Kwalitas Infrastruktur Jalan untuk meningkatkan Koneksitas arus distribusi Hasil Produksi Pertanian Masyarakat, Seperti Pembangunan Ruas Jalan Bora – Pandere – Pakuli , juga Rencana Pengembangan Bangga – Lalundu semoga Tahun 2022 sudah dapat dimulai.

Selain itu Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura. Menyampaikan rasa gembira dan Rasa bangga bahwa mimpi “Saya bisa terwujud melalui Investasi PT. Hanta Yuda Mukti, yang sudah membangun Agroindustri di Kabupaten Sigi , Melalui Pengembangan Tanaman Jagung terintegrasi dengan Peternakan.

Gubernur Selalu berpikir harus ada Industri selanjutnya kita dorong Peningkatan Produksi hasil Pertanian dan Perkebunan Masyarakat dengan pemikiran bahwa hasil produksi masyarakat ada jaminan pasarnya.
Gubernur juga menyampaikan bahwa Kabupaten Sigi akan didorong menjadi pusat industri Pertanian , Perkebunan dan Peternakan , Kita bersyukur Minggu lalu pabrik Tepung Tapioka sudah akan di bangun di Morawola.

Dengan ada Pubrik Tepung Tapioka , kedepan Pemerintah akan mendorong dan memberikan fasilitasi Pengembangan Produksi Tanaman Ubi Kayu, berupa benih Unggul dan Juga mendorong masyarakat untuk Meningkatkan Produksi Ubi Kayu.

Juga Gubernur menyampaikan bahwa untuk mempersiapkan Sulawesi Tengah menjadi Daerah Penyangga untuk kebutuhan IKN utamanya menyiapkan kebutuhan Pokok Masyarakat di IKN .

Gubernur Menyampaikan bahwa memang daerah kita memiliki Potensi yang sangat besar di bidang Pertanian, Perkebunan dan Peternakan .
Gubernur Menyampaikan Potensi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan sangat besar di Daerah Sulawesi Tengah Setiap Kabupaten memiliki Pasar tersendiri , Seperti Poso diharapkan bisa menjadi Penyuplay kebutuhan industri Morowali dan Morowali Utara.
Tojo Una – Una diharapkan bisa dapat menjadi Penyuplay kebutuhan Industri Kabupaten Banggai.

Selain itu Gubernur menyampaikan bahwa untuk meningkatkan Kwalitas Infrastruktur Daerah maka Gubernur akan menerapkan Pembangunan infrastruktur jalan melalui Skema Anggaran Multi Year seperti Pembangunan Ruas Jalan Bora-Pandere – Pakuli, Juga Pembangunan Ruas Jalan Lingkar Danau Poso , Pembangunan Infrastruktur Jalan di Kabupaten Banggai , Toli Toli dan Buol , Kalau Mengaharapkan APBD Setiap Tahun Pasti Tidak Dapat kita wujudkan Infrastruktur Jalan Yang berkwalitas sesuai harapan Masyarakat.

Selanjutnya Gubernur Juga Menyampaikan ucapan terimakasih kepada Presiden RI atas Dukungannya untuk Mendukung Pembangunan Infrastruktur jalan Koneksitas menuju IKN melalui Inpres untuk percepatan Pembangunan Sulawesi Tengah melalui APBN .

Hal itulah yang diharapkan Gubernur Kepada Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung dalam pertemuannya beberapa hari yang lalu  seperti Pembangunan Ruas Jalan
Gimpu – Paena-Kalimantan, Bangka – Lalundu – Watatu, Kasimbar – Tambu,Sienjo – Sipi, Gimpu – Wintu.

Di akhir sambutanya  Gubernur meminta kepada masyarakat untuk terus berkomitmen untuk memberikan Kenyamanan Investasi di Sulawesi Tengah.(ID)

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close